Selamat Datang Di Dunia Blog

Semarak blog membuat dunia internet Indonesia menjadi hidup. Dahulu, mempunyai web bagi seseorang adalah sebuah kemewahan. Sama seperti kita mempunyai mobil BMW. Bahkan, bagi kebanyakan orang, mempunyai web tidak ada dalam benak mereka. Kehadiran blog telah membalikkan kenyataan tersebut.
Kehadiran blog membuat semua orang kini berlomba-lomba membangun blog. Tdak hanya bagi orang mengerti internet, namun dapat dilakukan bahkan pemula sekalipun. Kemudahan operasional dan minimnya biaya yang dikeuarkan membuat orang begitu menyukai blog.
Menariknya lagi, blog juga dapat digunakan sebagai tempat mengekspresikan diri. Tidak hanya melalui kontennya saja, tetapi bagi yang menyukai desain, blog juga merupakan media yang asyik untuk beraktualisasi diri.
Saat ini banyak situs-situs di internet yang menawarkan fasilitas blog. Mulai dari gratisan hingga berbayar. Mulai dari luar negeri hingga layanan yang diadakan oleh anak bangsa. Bagi pengguna blog, ini tentu sebuah kenikmatan. Kenikmatan bisa memilih.
Lalu layanan mana sebaiknya yang sebaiknya kita pilih? masing-masing layanan blog tersebut tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ini tergantung dari niat kita membuat blog tersebut.

A. WordPress
WordPress adalah software blog yang cukup terkenal. Anda dapat mendownloadnya dari situs WWW.WordPress.org. Asyiknya menggunakan wordPress, Anda juga dapat memakai layanan blog gratisnya.
Jika menggunakan layanan WordPress di server mereka, Anda dapat membuat blog secara cepat dan mudah. Anda tidak perlu menginstal ini dan itu. Cukup mendaftar dan blog anda langsung tercipta.
Meskipun demikian WordPress juga memiliki kekurangan. Anda tidak dapat mencari penghasilan dari blog Anda jika menggunakan server gratisan dari mereka. WordPress tidak mengijinkan Anda memasang kode-kode yang biasannya harus dipasang untuk mendapatkan penghasilan.
Namun jika anda memesan hosting sendiri dan menginstal Wordpress, Anda diijinkan untuk mengoptimalkan blog anda untuk mencari pendapatan dari internet. oleh karena itu, bagi blogger yang hidup dari internet, mereka akan menggunakan hosting sendiri.

B. Blogger
Konotasi blogger di sini bukanlah hanya berarti orang yang beraktivitas ngeblog. Blogger juga berarti blogger.com, situs yang menawarkan layanan blog gratis.
Blogger.com merupakan situs layanan blog yang tertua. Saat ini ia telah dibeli oleh Google dan terus dikembangkan layanannya. Asyiknya, selain gratis, blogger ini juga menawarkan kesempatan untuk mengais rezeki di internet. Anda dapat mencari penghasilan dari Google Adsense dan lain-lain lewat blogger.
Blogger memang tidak membatasi penggunanya hanya sekesar ngeblog. User blogger dapat melakukan banyak hal di blogger mereka. Ini disebabkan, blogger mengijinkan user untuk menyisipkan kode-kode program di halaman blog. dengan demikian, user dapat menyajikan beraneka ragam konten dalam blognya seperti banner, animasi, game, video, dan sebagainya.
Sayangnya, blogger ini tidak menyediakan fasilitas untuk mendownload program mereka. Anda hanya boleh menggunakan blog di server mereka. Oleh karena bersifat gratis, mereka mempunyai hak terhadap account Anda. Suatu saat, dengan berbagai macam alasan, Anda dapat dikeluarkan dari keanggotaan blogger. Dan sedihnya, Anda tidak dapat protes. Tapi sejauh ini, kasus-kasus tersebut memang jarang. Sejauh anda mematuhi peraturan yang mereka tetapkan.
by arifin from kreasi blog cantik&menarik. Semoga bermanfaat ya?



Powered by Blogger